Jumat, 13 April 2012

Update Firmware NAS Buffalo Terastation

Masalah update firmware memang sangat riskan, terutama bagi admin yang baru. NAS (Network Attached Storage) saat ini menjadi alternatif pilihan para administrator jaringan untuk menyimpan data menggantikan File Server. Dengan berbagai keuntungannya NAS sendiri sangat bergantung pada DNS atau domain security. NAS tipe TS-XL944 yang saya gunakan bawaannya dengan firware versi 1.2 yang tidak support Windows 2008 Server R2 sehingga perlu diupdate ke versi baru. Untuk setting NAS menurut saya gampang dan susah. Mudah kalo sudah tahu dan susah bagi yang baru karena jika hanya dengan membaca tutorial dari buku tanpa terjun langsung untuk setting dijamin lama.
Pengalaman ini sangat berharga bagi saya, makanya ditulis diblog ini agar bagi admin yang kesulitan ketika update firware bisa sedikit membantu.

Urutan update:
1. JANGAN gunakan update versi 1.55 keatas. Pengalaman saya selalu gagal pada proses rebooting. (Sempet degdegan juga khawatir datnya hilang :). Untuk jaga-jaga saya sarankan backup data-data penting anda sebelum melakukan flashing. Saya gunakan updater versi 1.5. Updater bisa didownload diwebsite http://downloads.buffalo.nas-central.org/
2. Pastikan koneksi ke NAS menggunakan Ethernet card dengan kabel UTP tentunya. Koneksi dengan wireless sangat tidak direkomendasikan.
3. File updater disimpan di local disk.
4. Double klik TSUpdater.exe
5. Secara otomatis updater akan mencari NAS di jaringan local.
6. Klik update, dan tunggu selama proses updating firmware.
7. Proses ini butuh waktu kira-kira 15-30 menit.
8. Setelah reboot, settingan awal anda seperti networking, shrared folder dsb akan direstore.
9. Selesai.

Mudah2an berguna.


Tidak ada komentar: