Selasa, 17 April 2012

Gagal Backup LTO Dengan NTBACKUP

Saya memakai LTO3 untuk backup file-file penting dengan besaran data sekitar 80-90GB. Jadwal backup saya set setiap hari (5 hari kerja) dimana setting initial (delete backup lama dan buat backup baru) setiap hari senin, dan selasa s.d jumat diset incremental.
Suatu hari saya ada masalah dimana seharusnya tiap senin saya ganti tape LTO ternyata saya lupa dan ternyata efeknya ketika saya mengganti tape di senin berikutnya ntbackup gagal dan ada pesan log "The operation was not performed because no unused media was available". Saya coba browsing, tanya sana-sini tetapi jawabannya belum ketemu. Berikut adalah referensi dari Microsoft mengenai masalah tsb http://support.microsoft.com/kb/267574 dan http://support.microsoft.com/kb/239892

Jika membaca jenis masalah dan pemecahannya memang mirip dengan kasus saya, tetapi ternyata beda. Saya coba buka RMS management (buka run, ketikan: mtmsmgr.msc) dan memang ada satu kasus yang aneh dimana Drive LTO tidak bisa dibaca WIndows (terlihat dengan tanda X). Saya cek ke device manager, Drive tidak ada masalah. Bingung? Iya.
Biasa yang terjadi dengan Windows jika ada masalah dan tidak tahu pemecahannya saya melakukan reinstall driver LTO tsb, restart dan BERHASIL.
Jadi jika anda mengalami masalah yang sama, mudah2an sharing ini bisa berguna.

Tidak ada komentar: