Sabtu, 18 Oktober 2008

Kubuntu 8.04 Hardy Heron


Sebetulnya saya agak telat untuk mencoba install Kubuntu versi 8.04 ini karena harusnya bulan ini versi 8.10 harusnya sudah keluar, tapi karena berbagai hal ditempat kerja jadi baru kali sekarang saya coba merasakan perubahan apa yang telah dilakukan tim Ubuntu untuk mengupdate softwarenya.

Secara umum OS-nya berjalan mulus mulai dari proses running live CD sampai instalasi berjalan lancar. Sistem berjalan mulus dan stabil. Software bawaan masih cukup menarik dan hampir sama dengan yang versi 7.10 (karena terakhir saya pakai versi ini). Program interface, behaviour dan display tampil cukup menawan dengan icon dan animasi yang aduhai (mmm). Program office yang membuat saya tertarik adalah Openoffice versi 2.4 yang sudah mengalami banyak perubahan yang berjalan lebih cepat dan lebih “GUI” (tapi katanya sekarang mau keluar yang versi 3.0)

Hanya saja seperti versi sebelumnya ada beberapa form yang melebihi lebar screen sehingga harus di scroll horisontal serta tidak tersedianya plugins default untuk mp3 dan VCD, kenapa seh? Selain itu kenapa ya bahasa Indonesianya ngga ada di sistem properties-nya sehingga bahasa yang digunakan masih bahasa Inggris.

Anyway, harusnya sih saya bersyukur dapat software bagus dan gratis (walaaupun ngga gratis banget karena tetap harus bayar bea cukai 3000:)) karena Linux merupakan salah satu terobosan di bidang TI yang luar biasa.

Thanks to Canonical and team.

Tidak ada komentar: