Kamis, 26 April 2012

Tidak Bisa Eject LTO Ultrium Tape

Tulisan ini sengaja saya posting karena beberapa kali saya mengalami masalah serupa ketika menjalankan script pada NTbackup. Server saya memakai OS WS 2000 SP4 dengan Backup Tape LTO3. Masalah ini terlihat pada log tertulis "Removable Storage did not mount the requested media. The operation was aborted". Saya coba eject tape-nya tetapi responnya tidak bisa di dismount. Saya coba hapuspun tidak bisa karena pesannya tape sedang dipakai. Diganti dengan tape lainpun tidak bisa. Stress :/

Coba anda masuk ke menu Removable Storage (RSM) (ketikan "ntmsmgr.msc" pada menu Run). Disana akan terlihat Treeview "Workqueue", kemudian klik errornya dan biasanya pada keterangan errornya adalah "The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation."
Hal ini disebabkan NTbackup menempatkan tape pada state yang salah pada RSM database sehingga tape tidak bisa di-eject.
Untuk mengatasi hal ini langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
1. Start > Control Panel > Administrative Tools > Services dan cari "Removable Storage service"
2. Klik kanan propertiesnya, startup type: Disable
3. Restart servernya
4. Buka Windows Explorer dan masuk ke C:\WINNT\system32\ntmsdata\ directory (catatan: lokasi ini mungkin berbeda tergantung OS yang anda gunakan)
5. Rename semua file yang ada didalamnya dengan extensi *.OLD
6. Buka lagi Services dan kali ini startuptype-nya diset Automatic
7. Restart kembali servernya

Setelah restart anda akan melihat media poolnya akan kosong dan NTbackup akan mereindex kembali tapenya. Cara ini berhasil ditempat saya. Seharusnya jika anda mengalami hal serupa berhasil juga.

Tidak ada komentar: