Sabtu, 04 Juni 2011

Kuliah Di Usia Tua? Kenapa Tidak!

Mungkin bagi sebagian kita untuk bisa melanjutkan kuliah lagi di usia yang sudah cukup "mapan" agak sungkan dengan pertimbangan bahwa dengan posisi yang sudah anda dapatkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penghasilan yang cukup, sudah berkeluarga dengan beberapa anak dan juga ditambah otak udah ngga mau mikir lagi dengan rutinitas seorang mahasiswa.... mendengar dosen ngoceh, waktu kuliah yang biasanya untuk kelas karyawan dilakukan di malam hari atau hari libur dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Lalu apa yang membuat kita untuk termotivasi kuliah lagi?
  • Satu posisi tertentu dalam perusahaan membutuhkan seseorang yang tidak hanya capable dan mempunya skill yang mumpuni, tetapi ada faktor lain yang disebut faktor X yaitu background pendidikan. Jika anda hanya lulus SMA untuk mencapai posisi seorang manager sepertinya agak susah (bukan tidak mungkin). Setidaknya kita dipermudah akan hal itu.
  • Banyak istilah atau terminologi yang tidak bisa kita dapatkan ketika belajar otodidak, dan dibangku kuliah kita bisa mendapatkannya dan tentu saja  interaksi kita dengan teman2 lain lebih banyak.
  • Manusia adalah makhluk yang ditakdirkan untuk belajar. Jika kita masih diberi kesempatan untuk mencari ilmu, "carilah ilmu sampai ke negeri China" begitu kata pepatah karena ilmu tidak akan ada habisnya. Ilmu di dunia ini hanya sedikit yang digenggam Allah SWT dan kita hanya diperintahkan untuk diperintahkan mencari ilmu pengetahuan seluas-luasnya karena Tuhan sangat menyukai orang yang belajar dan mencari ilmu dibanding seseorang yang mengerjakan ibadah tanpa ada dasar ilmunya. Tak seorangpun yang bisa sesuatu tanpa guru, setidaknya saya sudah membuktikannya. Belajar otodidak dari pengalaman tidak selamanya adalah metode yang paling baik karena teori dan caranya haruslah benar sebelum kita bisa mempraktekannya.
  • Mungkin ada alasan2 lain yang lebih... tapi ini baru sebagian dari pendapat saya. Mungkin akan banyak hal yang kita korbankan seperti waktu, uang dan tenaga extra, tetapi manfaat yang kita dapat akan lebih dari itu karena Allah menyukai orang yang terus belajar dan mencari ilmu. Amin.

Tidak ada komentar: