Kamis, 11 Maret 2010

Modem D-Link DWM-151

Kali ini gw coba paketan Vanbook gw yaitu modem 3G Merk D-Link dengan dibundle kartu Telkomsel Flash dengan harga 450rb (harga normal katanya 700ribuan). Menurut yang jual setelah diaktifkan bisa dapat bonus pemakaian selama 6 bulan dengan pemakaian maksimal 300MB/bulan. Sebetulnya sih kalo sinyal 3G ditempatmu bagus ngga ada masalah, tapi kalo cuma dapat sinyal GSM (GPRS, EDGE) harus banyak ngusap2 dada, dan sediain kopi agak banyak soalnya waktu tunggunya lumayan lama juga.
Inilah dia hasil test dari www.speedtest.net
Gambar paling atas adalah hasil test di daerah Sentral Senayan 2. hasil ping, download dan upload test menunjukan kecepatan yang tidak seperti yang diharapkan oleh sebuah modem HSDPA dengan sinyal 5 bar (100%). Sedangkan hasil test dibawahnya yang dilakukan dirumah dengan mendapat sinyal WCDMA. hasilnya lebih parah lagi (dengan kekuatan sinyal 4 bar atau sekitar 90%).

Jadi, kesimpulannya adalah menurut gw gembar-gembor modem EVDO dan HSDPA yang bisa mendownload file "upto" 7,2 Mbps adalah tipuan belaka. Kenyataannya semuanya tergantung operator /data provider nya sendiri yang bisa menyediakan kecepatan data sesuai dengan spesifikasinya (tidak tergantung traffic atau yg lain)... Pembeli banyak ketipu dengan kata2 UPTO. kenapa yang di iklan ngga pakai kata Average atau yang lebih menggambarkan kenyataan ya?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi,

Saya punya DWM-151 corrupt ketiban firmware Prolink PHS-100, mungkin keduanya menggunakan chipset yang sama. Kalau anda punya FW untuk DWM-151 boleh dong kirim ke nbctcpATgoogleDOTcom

thanks

Asep Mulyana mengatakan...

maaf gan.. kebetulan modem gw udah hilang udah hampir 3 bulan ini. sekarang juga pake HP modem N73 nih :/ coba aja browsing ke webnya http://www.dlink.com.my/products/?idproduct=430&idCategory=178